7 Tips Mempercepat Kinerja HP Android: Ampuh

Kinerja Android yang lancar tanpa kendala tentu akan mempermudah penggunanya dalam menyelesaikan berbagai aktivitas. Baik itu yang berhubungan dengan pekerjaan maupun hal lain seperti hiburan.

Bagi Anda yang gemar bermain game, kinerja Android yang cepat tentu sangat dibutuhkan. Karena hampir semua game sekarang ini membutuhkan spesifikasi yang tinggi dan kinerja lancar. 

Nah, bagi Anda yang merasa kinerja HP Anda sering  menurun atau lemot ketika digunakan untuk main game atau aktivitas lain, silahkan simak artikel ini sampai selesai. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa tips mempercepat kinerja Android.

Cara Mempercepat Kinerja Android

Ada beberapa tips mempercepat kinerja Android yang bisa Anda lakukan, cara ini bisa Anda lakukan bahkan untuk Android yang belum di root. Jadi Anda tidak perlu khawatir terjadi bootloop ketika terdapat kesalahan.

Adapun tips meningkatkan kinerja android adalah sebagai berikut:

Instal Aplikasi Secukupnya

Tips pertama adalah dengan menginstal aplikasi secukupnya saja, tidak menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan. Alasan kenapa HP baru itu kinerjanya cepat adalah karena aplikasi bawaannya sedikit

Setelah beberapa saat digunakan, biasanya pengguna Android akan menginstal banyak aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Nah hal inilah yang bisa menurunkan kinerja dari Android menjadi lambat atau lemot.

Jadi sebaiknya instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Jika ada aplikasi yang tidak pernah digunakan sebaiknya uninstal saja supaya  kinerja Android bisa jadi lebih cepat.

Sisakan Penyimpanan Internal

Penyimpanan internal merupakan memori yang digunakan untuk menyimpan semua file sistem Android dan aplikasi-aplikasi yang terinstall di Android. Jika penyimpanan internal ini penuh maka kinerja Android jadi lambat.

Masalah ini tidak akan terjadi jika Android Anda memiliki kapasitas memori internal yang besar. Namun untuk Android yang memori internalnya di bawah 8GB maka ini menjadi masalah yang cukup serius.

Untuk menghemat memori internal, Anda bisa menyimpan semua data yang ada di kartu memori atau SD Card. Dengan cara ini penyimpanan di memori internal bisa lebih lega dan hanya digunakan untuk instalasi aplikasi saja.

Hemat Penggunaan RAM

RAM merupakan memori yang berfungsi menjalankan semua proses yang ada di Android. Ketika Anda menjalankan aplikasi, nah RAM inilah yang menjalankan aplikasi tersebut. 

Jika sebuah Android memiliki RAM kecil, maka kemungkinan HP tersebut akan cepat ngelag. Karena memori yang kecil dan aplikasi atau proses yang dijalankan itu cukup banyak.

Untuk mengatasi memori RAM penuh, Anda bisa menyiasatinya dengan membuka aplikasi secukupnya saja. Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan, apalagi aplikasi dan game berat.

Bersihkan Home Screen

Untuk pengguna Android sudah menjadi hal biasa untuk menghias tampilan home screen supaya lebih menarik. Entah itu menggunakan widget, aplikasi, launcher, dan lain sebagainya. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa icon aplikasi, widget, dan lain sebagainya yang ada di home screen juga bisa mempengaruhi kinerja HP Anda menjadi lebih lambat. Karena itulah sebaiknya kurangi icon aplikasi dan widget yang ada di home screen.

Sebaiknya pasang widget dan icon aplikasi secukupnya saja yang benar-benar dibutuhkan. Contohnya seperti widget cuaca dan jam, sticky notes, dan lain sebagainya. Jadi intinya pasang widget yang penting-penting saja.

Matikan Sinkronisasi Otomatis

Fungsi sinkronisasi otomatis adalah untuk menghubungkan perangkat Anda dengan beberapa aplikasi seperti Gmail, Contact, Calender, dan aplikasi yang lain. 

Ketika fitur sinkronisasi ini hidup, Anda tidak perlu melakukan sinkronisasi secara manual. Namun kekurangan dari fitur ini adalah membuat kinerja HP Anda menjadi lebih lambat karena sistem Android Anda terus menerus melakukan sinkronisasi di latar belakang.

Karena itulah, supaya kinerja Android lebih baik sebaiknya matikan fitur sinkronisasi otomatis ini. Untuk caranya adalah dengan klik icon Sync di notification panel.

Upgrade OS Android

Dengan melakukan upgrade biasanya akan memperbaiki bug ataupun masalah yang ada di sistem sebelumnya. Selain itu upgrade OS juga akan menambah fitur yang ada supaya kinerja Android menjadi lebih optimal.

Namun Anda harus ingat, jangan asal upgrade OS Android. Sebaiknya gunakan OS yang benar-benar stabil, jika OS tersebut masih beta sebaiknya jangan upgrade terlebih dahulu. Tunggu sampai benar-benar sudah versi finalnya.

Untuk upgrade OS Android caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan kemudian pilih Tentang Ponsel. Nah di situ Anda bisa melihat menu untuk upgrade OS jika memang sudah tersedia.

Lakukan Factory Reset

Jika semua tips mempercepat kinerja Android di atas sudah Anda lakukan dan HP Anda masih tetap lemot, maka Anda bisa coba langkah terakhir ini. Factory reset merupakan cara terakhir untuk mengatasi android lemot.

Dengan melakukan factory reset, semua data baik itu aplikasi maupun file di HP Anda akan terhapus dan hilang seperti pertama kali beli HP. Jadi sebelum melakukan factory reset sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu.

Setelah itu barulah Anda bisa melakukan factory reset. Setelah factory reset dilakukan, kondisi HP Anda akan seperti pertama kali beli. Kondisi di sini maksudnya adalah sistemnya, bukan tampilan luar atau fisik dari HP tersebut.

Demikianlah beberapa tips cara mempercepat kinerja HP yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda meningkatkan kinerja Android supaya lebih cepat dari sebelumnya. 

Tinggalkan komentar